Ciptakan komunikasi yang baik dengan rekan guru
Komunikasi merupakan suatu faktor yang sangat penting untuk meraih sukses dalam pekerjaan termasuk mengajar siswa. Tidak hanya kesuksesan secara pribadi, tetapi juga kesuksesan bagi tempat kerja( sekolah) kamu. Dengan komunikasi yang baik, kinerja tim menjadi lebih jelas, konsisten, dan terarah. Itulah sebabnya komunikasi perlu dipelajari dengan maksimal, demi kesuksesan kamu, tim kamu, dan sekolah tempat kamu mengajar.
Berikut ini 7 teknik komunikasi yang penting untuk dikembangkan di tempat kerja_sekolah, dilansir Lifehack.org:
Salah satu cara termudah untuk memiliki komunikasi yang baik di tempat kerja_sekolah adalah selalu siap sedia. Hal ini berarti kamu siap sedia untuk diajak bicara atau bekerja. Menyediakan diri bagi pekerjaan akan menciptakan suasana kerja yang nyaman.
Jadilah orang yang bersahabat pada rekan-rekan kerja kamu.Milikilah perilaku yang positif dan peduli kepada orang lain. Ini merupakan salah satu cara untuk membangun komunikasi yang baik secara natural.
3. Menjadi pendengar yang baik
Komunikasi yang baik tidak hanya tentang menyampaikan pesan dengan baik. Komunikasi juga berarti menjadi pendengar pesan yang baik. Hal ini akan membantu kamu untuk mengerti orang lain dengan lebih jelas.. Ketika kamu mengembangkan kemampuan untuk mendengar, kamu akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain. Selain itu, mendengar juga menciptakan keseimbangan antara kamu dengan rekan kerja lainnya.
Ketika membagikan informasi, pastikan untuk menyampaikannya dengan jelas dan dapat dimengerti. Jangan berbicara dengan bertele-tele dan sulit dipahami.
Bahasa verbal sama pentingnya dengan bahasa nonverbal. Ketika kamu berbicara dengan orang lain, perhatikan bahasa nonverbalnya. Bahasa tubuhnya akan menggambarkan pesan tertentu yang sebaiknya kamu tangkap dengan segera. Saat berbicara dengan orang lain, tataplah matanya sehingga kontak mata terjadi. Tunjukkan postur tubuh yang terbuka sebagai bentuk penerimaan.
Terbukalah terhadap umpan balik terhadap pesan yang kamu bicarakan. Apabila ada yang mengkritik atau mengevaluasi kamu, terima dengan terbuka.
7. Berpikiran terbuka
Apabila kamu tidak berpikiran terbuka saat berkomunikasi dengan orang lain, kamu sulit untuk mendengarkan mereka. Tanpa pikiran yang terbuka, kamu juga akan sulit untuk memahami pesan. Karena itu saat berkomunikasi dengan orang lain buanglah prasangka dan persepsi kamu.
Ingat bahwa Anak cenderung akan meniru perilaku orang yang lebih tua. Ketika di sekolah, mereka akan mengamati orang yang lebih dewasa untuk diikuti yaitu gurunya.
Supaya perilaku guru bisa menjadi teladan yang baik bagi siswa, mari awali dengan membangun komunikasi yang baik antar guru.
Komentar
Posting Komentar